Senin, 14 Desember 2015

Cara Merawat Kelinci yang Baik

cara merawat kelinci

Cara Merawat Kelinci Agar Tetap Sehat.
Halo saudara peternak semua, masih dengan tema kelinci yang pada artikel sebelumnya saya telah membuat artikel Cara Mengetahui Penyakit Pada Kelinci Berdasarkan Kotoranya. nah kali ini penulis akan membagikan bagaimana kita menjaga dan merawat kesehatan kelinci agar usaha peternakan kelinci kita berjalan dengan baik dan lancar.

Pentingnya menjaga kesehatan kelinci adalah salah satu faktor bagaimana kedepanya usaha kita akan berlanjut banyak penyakit yang seringkali menghantui para peternak kelinci dan anda dapat baca penjelasanya pada artikel diatas. oke kembali ke topik, ada beberapa faktor yang harus perlu di perhatikan agar kelinci kita tetap sehat, dan adapun berikut faktor faktornya :


1. Kebersihan kandang

Mengapa demikian, karena kandang merupakan rumah dimana kelinci beraktifitas layaknya rumah pada kita manusia harus bersih dan terawat, kandang kelinci harus tetap terjaga kebersihanya karena kelinci mengeluarkan kotoran pada kandang tempat kelinci makan tidur dan lain sebagainya, rajin rajinlah membersihkan kandangnya menggunakan sapu untuk membuang sisa sisa kotoran yang ada di dalam kandang, dan bersihkan bagian bawah kandang kelinci menggunakan sapu namun jangan dibuang, karena kotoran yang jatuh dan sisa sisa makanan dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.

2. Kebersihan kelinci.

Hampir sama dengan yang nomor satu, membersihkan kelinci merupakan hal yang penting karena untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada badan kelinci, membersihkanya pun cukup mudah siapkan ember dan shampo lalu bersihkan kelinci menggunakan air shampo tersebut. faktor kebersihan badan kelinci juga dapat memberikan dampak bagi berlangsungnya usaha ternak kelinci kita, di takutkan sisa sisa kotoran yang menempel pada kelinci termakan dan membuat kelinci menjadi tidak sehat.

3. Pola Makan.

Pola makan disini merupakan cara dan waktu yang baik memberikan pakan yang baik untuk kelinci berikan makan 2x sehari untuk kelinci pagi dan sore.

4. Makanan.

Makanan pada kelinci haruslah tidak boleh yang banyak mengandung gas dan air, kemarin saya sudah menulis dan menjelaskanya di Mengapa makanan ini menyebabkan kelinci sakit ? , berikan kelinci dengan makanan yang mengandung serat yang cukup, dan buartkan sekat masing - masding 50 cm x 50 cm agar kelinci tidak berebut makanan.

Demikian penjelasan tentang Cara Merawat Kelinci, Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar